Langsung ke konten utama

American Hamburger (ah) " Restaurant Penuh Kenangan"

"Lihat burger jadi ingat kamu"

Eaaaa... gombal banget ya? Tapi memang begitulah pada zamannya. Ya, zaman sekolah dulu. Dan Restaurant yang identik dengan burger pada saat itu adalah American Hamburger atau biasa disebut dengan AH.

Dokpri

Remaja 90-an pasti paham. Kalau ada kawan yang ulang tahun pasti ditodong ke AH. Kalau mau hahahaha hihihi sepulang sekolah pasti ke AH. Bahkan yang sedang pedekate pun pilihnya ke AH.

Memang ada apa saja sih di AH? Jadi, zaman itu tuh yang namanya tempat makan enggak seperti sekarang. Jarak sekian kilo kita bisa menjumpai tempat makan. Dulu jarang sekali. Bisa dihitung jari deh. Nah, salah satunya AH ini.

Di AH kita bisa menemui aneka menu yang diinginkan. Mulai dari nasi goreng, steak, salad, spagheti, hot dog, nasi plus ayam, es krim, aneka minuman dan tentu saja burger. Jadi meski namanya American Hamburger namun menu yang tersedia beraneka macam. Inilah yang membuat AH digandrungi oleh remaja-remaja saat itu. Selain harganya yang terjangkau kantong pelajar.

Milk Shake (Dokpri)

Alasan itu pula yang membuat saya senang  makan di AH. Sendiri maupun beramai-ramai. Sendiri? Yes, why not? Jadi begini ya teman. Suatu ketika saya pernah bekerja yang tempat kerjanya itu satu deretan dengan AH. Maka jika jam istirahat siang tiba, saya langsung meluncur ke sana.

Awalnya beramai-ramai. Namun lama-kelamaan tinggal sendirian.

"Gue bosen makan di AH. Pingin makan yang berkuah," ujar kawan yang lain.

"Boncos gue kalau tiap hari ke AH. Habis gajian aja makan di situ lagi, " ujar kawan satunya.

Saya sih karena malas ke tempat lain yang terkadang pelayanannya lama. Jadi pilih ke AH saja. Hanya selangkah dari tempat kerja. Selain itu saya juga penggemar burger dan spagheti. Jadi tak masalah jika setiap hari ke AH.

Dokpri

Bicara burger, makanan ini termasuk junk food yang konon tidak baik untuk kesehatan. Bagi saya sih tak masalah. Yang penting tetap dijaga asupan gizi dan olahraganya. Lagi pula menurut pendapat saya. Dalam sebungkus burger sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh kita saat lapar.

Ada karbohidrat yang terdapat dalam roti burgernya. Ada protein yang terdapat dalam lapisan dagingnya. Ada sayurnya berupa daun selada, tomat dan kol yang menjadi pelengkap burger. Jadi untuk porsi makan siang, cukuplah.

Dokpri
Di AH terdapat juga menu cake aneka rasa. Jadi kalau sedang ingin makan cake, bisa menikmatinya di AH. Ada banyak pilihan mini cake. Cukuplah untuk mengobati keinginan makan cake. Jadi tak perlu menunggu ada yang ulang tahun atau harus beli cake yang besar.

Mini cake keju stroberi 
(Dokpri)

Tak terasa AH sudah berusia 42 tahun. Semenjak pindah bekerja, saya jarang makan di AH lagi. Maka ketika tiba-tiba ingin makan burger, saya ingat kamu. Eh, ingat AH. Rasanya ingin bernostalgia dengan makan burger di sana.

Weleh, nostalgia? Memangnya ada kenangan apa? Pertama yang sudah saya ceritakan di atas. AH merupakan restaurant yang setiap hari saya kunjungi. Kedua, saya sempat terpikir untuk bekerja di AH karena sukanya dengan restaurant ini. Ketiga, pernah kencan di sini. Keempat, pernah putus juga saat makan di sini. Komplit ya?

Dokpri

Berhubung sudah lama tak tahu kabarnya. Saya hunting dulu dan sempat bertanya pada adik di rumah. Katanya masih ada kok Restaurant Ah tuh. Maka jadilah saya mencicipi lagi menu di AH setelah sekian lama tak berkunjung ke sini.

Tempat terdekat yang saya kunjungi adalah AH di Plaza Bintaro. Tempatnya tidak terlalu luas. Lumayanlah untuk bernostalgia sih. Kan menunya yang utama. Bicara menu, ada yang lain. Yakni ada menu nasi soto dan ayam geprek.

Rasanya? Untuk burger masih sama. Roti burgernya empuk dan lembut. Tapi kurang greget. Apa karena dulu itu makannya sama kamu ya makanya terasa ada yang kurang. Jadi sebenarnya saya suka burger atau suka sama kamu sih? Dua-duanya. (EP)


#odopday3
#kulinerrasa
#onedayonepost
#estrilookcommunity
#americanhamburger






Komentar

  1. Waahh baru tau ada burger AH ini bertahan lama juga yaa dari dulu dan sekarang masih ada, sayangnya ga buka cabang dimana2 padahal pengen nyobaa kayanya enak, karna mbanya langganan banget bahkan dari jadian sampai jadi mantan nongkrongnya di AH hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Mba. Iya, ini restoran legend banget menurutku. Dulu cabangnya banyak. Sekarang udah pada tutup.

      Hapus
  2. Di Bandung ada nggak ya? Pengen nyoba juga :)

    BalasHapus
  3. Apalah aku yg anak desa, mana tahu AH ini. Hhh
    Dulu kl di ajak ayah berlibur maunya burger Mekdi, tp cm ku makan kentangnya doang. Nggak tau kenapa q nggak begitu suka sm makanan2 semacam ini. Dasar lidah ndeso kali ya.. Hhh

    BalasHapus
  4. Wah, apakah saya mainnya kurang jauh ya? #modusss.
    Soalnya baru ini nih denger AH alias American Burger. Alamatnya dimana sih ini mba? Di Jogja belum ada deh kayaknya. Padahal terlihat sangat menggiurkan. Lapaaaar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu sih terkenal sekali. Entah ada tidak di Yogyakarta.

      Hapus
  5. di surabaya ada gak sih? gak terlalu suka burger sih, tapi lihat ini kok jadi pengen hehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe....entah ya Mba ada tidak. Aku kurang tahu kalo cabangnya.

      Hapus
  6. Anak sulung aku suka banget burger. Cuma aku suka pilih-pilih kalau mau beli ini. Takut dagingnya tidak halal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, juga sih. Pokoknya ada sertifikat halalnya aja sih yg penting.

      Hapus
  7. Baru sekali merasakan ke AH itu pun ditraktir sama tante 😅. Zaman muda tak berani ke sini mehong. Ya sudahlah jadi hanya mampir ke kebab atau k** atau w**nd**. Menu yang besar langsung kenyang, sih emang. Cuma karena saya perut Indonesia, kalau enggak kena nasi enggak kenyang 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss... berarti tahu tempat ini juga toh Mba.

      Hapus
  8. Haha berarti judulnya AH penuh kenangan ini hehe.

    Apa nggak masih merasakan getarannya Bun, ketika ke tempat kenangan Jadul apalagi dulu dg si dia :)

    Klo ane senengnya yg pake kuah, soto tu nggak garing hehe

    BalasHapus
  9. Hamburger mah makanan kesukaan anakku yang nomor 4. Entah mengapa, setiap kali makan di luar, yang dicarinya pasti burger, apalagi kalau burgernya penuh dengan isian. Huah...dijamin si nomor 4 bakal bahagia banget. Kapan-kapan boleh nih si nomor 4 diajak makan di American Hamburger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mba. Cobain. Semoga masih ada ya cabang di sana.

      Hapus
  10. Saya gak ngerti AH, ngertinya hamburger abang2 pinggir jalan. Hihii
    Tapi saya suka burger. Baca postingan ini auto ngences. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...sama aja sih. Cuma tempatnya yang bedain Mba.

      Hapus
  11. Unik juga kenangannya di AH. Tiap hari ke sana, sempat kepikiran pengen kerja di situ, sampai kencan dan putus juga. Kalo saya nggak begitu suka burger, jadi lebih suka cake-nya :)

    BalasHapus
  12. Wah jadi laper nih hehe. Aku baru denger mba tentang AH ini, liat foto burgernya menggoda sekali. Memang kita pasti punya tempat tertentu yang jadi favorit dan punya banyak kenangan tersendiri, duh jadi kangen kulineran ke Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba. Selalu ada kenangan di tiap sudut jalan dan tempat yg kita lewati.

      Hapus
  13. Saya suka makanan beginian Mbak. Tapi suamiku enggak. Makanya, sekarang jarang makan jajanan model begini. Huhuhu

    BalasHapus
  14. Saya jarang sekali beli burger kalau lagi di retso sejenis ternama. Di dalam fikiran saya pasti nanti lapar lagi karena belum makan nasi. hahahah dasar perut nasi. Btw itu harganya berapaan dong mbak, boncos juga klo tiap hari di sana.

    BalasHapus
  15. Saya kok enggak pernah ke AH ya Mbak. Kayaknya di Bekasi, saya belum menemukan lokasinya. Padahal menunya cukup komplit. Anak-anak suka banget sama yg beginian. Jadi pingin yoba, harus cari ya lokasi terdekat di Bekasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada cuma kurang tahu juga di mananya.

      Hapus
  16. Burger AH, baru dengar malah, mungkin adanya di daerah Mbak Denik. Yang udah lama malah Wendy's kalau yang saya inget, ya, sebelum menjamur burger lain yang ngehits kayak Burger Kings. Maybe di Bandung belum ada AH Burger

    BalasHapus
  17. Aku baru tahu AH mba. Duh cake nya tergoda, jadi laper.

    BalasHapus
  18. Wah gak terasa sdh 42 tahun ya. Nyobain semua menunya kalo saya mah. Haha

    BalasHapus
  19. American Hamburger yang penuh kenangan ya sepertinya mba hehe. Aku juga biasanya kalau nostalgic emang bikin nggak obyektif buat ngejudge rasa. Yang penting kenanganyaa menancapp hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kenangannya yang bikin beda Mba... hehehe

      Hapus
  20. Apakah burger ini hanya ada di bintaro??? Saya tinggal di jogja dan belum pernah bertemu dengan burger ini... Di jogja, juga ada beberapa merek burger yang terkenal, -selain burger produk fastfood terkemuka. Ada beberapa merek lokal yang jadi favorit, bahkan selalu diburu penggemarnya... Seperti Burger AH ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu sih cabangnya banyak Mba. Entah sekarang.

      Hapus
  21. waw, resto favorite dari jaman SMP ini mah, mulai dari letaknya depan TIM sampai di area kolam renang cikini. Menu favorite: black forest cake hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, tosss Mba. Betul. Depan TIM itu kantor pusatnya.

      Hapus
  22. woohooo, bener-bener punya banyak kenangan ya Mbak dengan AH ini, sampai sempat terfikir bekerja disana juga rupanya ya, tapi kok gak jadi Mbak? eehh..
    bisa jadi brand ambasador AH nih karena seringnya ke AH :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha .. harusnya. Enggak diterima Mba. Diterimanya di bank malah.

      Hapus
  23. Gimana rasanya burger ya Mbak? Serius ini saya nanya karena emang belum pernah cicipi menu yang satu ini. Alias saya belum punya kenangan dengan si burger hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Imlek: Saatnya Menikmati Kue Keranjang Goreng

Bagi masyarakat Tionghoa di mana pun berada, Perayaan Tahun Baru Imlek merupakan momen penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Namun pada masa Orde Baru masyarakat Tionghoa di Indonesia tidak bisa merayakan Imlek secara terbuka dan bebas. Karena memang dilarang. Hanya diperbolehkan dalam lingkup keluarga dan tertutup. Saya sejak kecil memiliki beberapa teman dekat dari kalangan Tionghoa. Sebab orang tua tidak memberi batasan kepada saya dalam bergaul dan memilih teman. Asal saya bisa membawa diri dan tidak mudah terpengaruh. Ketika teman-teman tersebut merayakan Imlek atau hari besar lainnya, mereka kerap membawakan kue-kue khas untuk saya. Salah satunya kue keranjang. Atau ada yang menyebutnya dengan sebutan dodol cina. Kue keranjang atau dodol cina (by PegiPegi.com) Jadi sebelum Imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun 2003 silam. Kemudian gaung perayaan Imlek mulai dikenal seperti sekarang ini. Saya sudah merasakan kemeriahan Imlek melalui teman

Sinom, Minuman Khas Surabaya Kaya Manfaat

Bagi kita yang tinggal di perantauan. Bisa menikmati kuliner khas daerahnya itu sesuatu yang sangat istimewa sekali. Rasanya seperti melepas kangen dengan si dia. Ayem, tentram rosone ati. Eaaaa.... Pokoknya begitulah. Segala upaya dilakukan agar bisa melepas kangen. Begitu juga dengan urusan kuliner. Sebisa mungkin dapat menikmati kuliner khas daerah asal. Sebagai orang Surabaya yang merantau di Jakarta, kemudian menetap di sini. Saya kerap merindukan rujak cingur, tahu campur dan lontong balap. Jenis makanan khas Surabaya yang tidak mudah ditemui. Sehingga butuh perjuangan untuk mendapatkannya. Awal-awal tinggal di Jakarta sempat bingung mencarinya. Begitu sudah mengetahui tempatnya tinggal meluncur saja ke lokasi. Cukup jauh dari kediaman saya. Tetapi demi "melepas rindu" dengan makanan khas daerah asal, maka jarak bukanlah penghalang. Bukankah demikian juga saat rindu dengan si dia? Itu untuk jenis makanan. Lalu adakah jenis minuman yang juga membuat saya

Joe's Grill Burger Ternyata "Kurang" Nendang.

Ups! Ternyata ya? Burger di Joe's Grill Restaurant itu kurang nendang? What's? Dokpri Jadi begini ceritanya teman. Hari Sabtu kemarin saya bersama teman-teman blogger yang tergabung dalam Blogger Burger , mengikuti kegiatan Workshop Videography  yang diadakan oleh Vlogger Id.  Acara berlangsung di Joe's Grill Restaurant Swiss-Belhotel Mangga Besar (SBMB), Jakarta Pusat.  Terbayang dong seperti apa suasananya? Hotel bintang 4 gitu loh. Dokpri Begitu tiba di lokasi acara, saya disambut dengan hangat oleh Bapak Muhammad Ismail Rauf selaku General Manager (SBMB), Ibu Melina Solehati Directory of Sales SBMB dan yang lainnya. Tak berapa lama setelah semua teman-teman blogger hadir. Mas Teguh Sudarisman dari Vlogger Id membuka acara yang dilanjutkan dengan sedikit kata sambutan dari Bapak Muhammad Ismail Rauf. Dokpri Puncak acaranya adalah melihat secara langsung proses pembuatan Texas BBQ Cheese Burger yang merupakan menu favorit di Joe's Gr