Langsung ke konten utama

Siput Gonggong Bagus Untuk Vitalitas Pria

Indonesia kaya akan hasil laut. Karena kondisi geografis Indonesia memang dikelilingi oleh lautan. Di daerah-daerah pesisir dan kepulauan yang dekat dengan laut, olahan hasil laut merupakan komoditi andalan daerah setempat.

Namun tidak semua orang cocok dengan makanan laut atau hasil olahan laut. Bisa karena alergi atau mengidap penyakit tertentu sehingga tidak bisa dengan bebas menikmati makanan laut. Bersyukurlah kita yang tidak memliki masalah dengan makanan laut. Sehingga bisa menikmati makanan laut dimana pun berada.

Alhamdulillah saya termasuk orang yang tak memiliki masalah apapun dengan makanan laut. Sehingga pada saat jalan-jalan ke Pulau Belitung, saya bisa dengan santainya menyantap makanan laut. Termasuk siput gonggong ini.




Siput gonggong termasuk jenis makanan laut yang terkenal di kepulauan Bangka Belitung. Selain rasanya yang nikmat, siput ini kaya akan protein dan bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Terutama bagi kaum pria.

Konon kelezatan daging siput gonggong ini menandingi "escargot" hidangan keong khas Perancis. Wah, beruntungnya saya yang bisa menikmati makanan ini sampai puas. Bukan karena saya suka dan doyan. Tapi kondisi saat itu yang mengharuskan saya makan banyak. Teman-teman yang disuguhi menu ini merasa kesulitan dan menyerah saat harus mencungkil daging siput dari cangkangnya.

Pada saat menikmati menu siput gonggong ini kita memang harus mencungkilnya sendiri. Karena memang disajikan secara utuh seperti itu. Kita tinggal mencungkilnya dengan alat yang sudah disediakan. Nah, dengan alasan ribet ini akhirnya teman-teman menyodorkannya pada saya. Itulah yang membuat saya menyantap menu ini lebih banyak dari yang lain.


Memang sangat disayangkan jika berada di Pulau Belitung tapi tidak merasakan nikmatnya makan siput gonggong. Sebab jenis siput ini banyak dijumpai di laut Bintan, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Utamanya ada di daerah Tanjung Pinang. Jadi sayang kalau sudah berada di daerah sini tapi tak menikmati kuliner khasnya. Salah satunya siput gonggong yang dimasak saus Padang ini. Jadi jangan ragu untuk menikmati siput gonggong jika ke Belitung. (EP)

Komentar

  1. Naah, jadi ingat mau cerita habis makan siput gonggong rebus di Tanjung Pinang tapi belum sempat-sempat hihihi. Kalau di Belitung saya pernahnya makan siput gonggong yang sudah jadi keripik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, aku malah belum pernah coba yang kripiknya Mba. Boleh juga nih.

      Hapus
  2. Wah baru dnegar siput gong gong. Aku jarang makan seafood hehe.
    Membaca komen mba Leila, jd mikir kek mana kalo dijadikan keripik ya 😅

    BalasHapus
  3. Wah... jadi ngiler. Pengen ah cobain kalau pas ke pulau Belitung. Nice article mbak, melt in mouth hehe.

    BalasHapus
  4. Tantangan makan siput y keluarin isi dari cangkangnya n itu seru. Aku blum cobain niy jenis siput yg ini

    BalasHapus
  5. Wah penasaran kyk apa rasa siput. Kalau siput biasa bisa dimasak jg gak ya hehe.
    Noted kalau ke Belitung nyobain ini :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Imlek: Saatnya Menikmati Kue Keranjang Goreng

Bagi masyarakat Tionghoa di mana pun berada, Perayaan Tahun Baru Imlek merupakan momen penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Namun pada masa Orde Baru masyarakat Tionghoa di Indonesia tidak bisa merayakan Imlek secara terbuka dan bebas. Karena memang dilarang. Hanya diperbolehkan dalam lingkup keluarga dan tertutup. Saya sejak kecil memiliki beberapa teman dekat dari kalangan Tionghoa. Sebab orang tua tidak memberi batasan kepada saya dalam bergaul dan memilih teman. Asal saya bisa membawa diri dan tidak mudah terpengaruh. Ketika teman-teman tersebut merayakan Imlek atau hari besar lainnya, mereka kerap membawakan kue-kue khas untuk saya. Salah satunya kue keranjang. Atau ada yang menyebutnya dengan sebutan dodol cina. Kue keranjang atau dodol cina (by PegiPegi.com) Jadi sebelum Imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun 2003 silam. Kemudian gaung perayaan Imlek mulai dikenal seperti sekarang ini. Saya sudah merasakan kemeriahan Imlek melalui teman

Sinom, Minuman Khas Surabaya Kaya Manfaat

Bagi kita yang tinggal di perantauan. Bisa menikmati kuliner khas daerahnya itu sesuatu yang sangat istimewa sekali. Rasanya seperti melepas kangen dengan si dia. Ayem, tentram rosone ati. Eaaaa.... Pokoknya begitulah. Segala upaya dilakukan agar bisa melepas kangen. Begitu juga dengan urusan kuliner. Sebisa mungkin dapat menikmati kuliner khas daerah asal. Sebagai orang Surabaya yang merantau di Jakarta, kemudian menetap di sini. Saya kerap merindukan rujak cingur, tahu campur dan lontong balap. Jenis makanan khas Surabaya yang tidak mudah ditemui. Sehingga butuh perjuangan untuk mendapatkannya. Awal-awal tinggal di Jakarta sempat bingung mencarinya. Begitu sudah mengetahui tempatnya tinggal meluncur saja ke lokasi. Cukup jauh dari kediaman saya. Tetapi demi "melepas rindu" dengan makanan khas daerah asal, maka jarak bukanlah penghalang. Bukankah demikian juga saat rindu dengan si dia? Itu untuk jenis makanan. Lalu adakah jenis minuman yang juga membuat saya

Joe's Grill Burger Ternyata "Kurang" Nendang.

Ups! Ternyata ya? Burger di Joe's Grill Restaurant itu kurang nendang? What's? Dokpri Jadi begini ceritanya teman. Hari Sabtu kemarin saya bersama teman-teman blogger yang tergabung dalam Blogger Burger , mengikuti kegiatan Workshop Videography  yang diadakan oleh Vlogger Id.  Acara berlangsung di Joe's Grill Restaurant Swiss-Belhotel Mangga Besar (SBMB), Jakarta Pusat.  Terbayang dong seperti apa suasananya? Hotel bintang 4 gitu loh. Dokpri Begitu tiba di lokasi acara, saya disambut dengan hangat oleh Bapak Muhammad Ismail Rauf selaku General Manager (SBMB), Ibu Melina Solehati Directory of Sales SBMB dan yang lainnya. Tak berapa lama setelah semua teman-teman blogger hadir. Mas Teguh Sudarisman dari Vlogger Id membuka acara yang dilanjutkan dengan sedikit kata sambutan dari Bapak Muhammad Ismail Rauf. Dokpri Puncak acaranya adalah melihat secara langsung proses pembuatan Texas BBQ Cheese Burger yang merupakan menu favorit di Joe's Gr